Asuransi jiwa merupakan salah satu asuransi yang banyak digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian dari finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena adanya kematian anggota keluarga. Asuransi jiwa penting untuk dimiliki seseorang sebagai bentuk persiapan jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan. Asuransi jiwa  dapat muncul atau diberikan pada seseorang yang telah kehilangan pendapatan atau finansialnya atau ada kerugian dari kematian anggota keluarga yang tertanggung atau yang sebelumnya berperan sebagai tulang punggung keluarga.

Kebanyakan orang pernah mendengar mengenai Asuransi jiwa ini, namun banyak pula yang belum mengenal dengan baik istilah daripada Asuransi jiwa, baik yang seumur hidup ataupun yang berjangka. Ketika memilih asuransi jiwa, pasti banyak persiapan dan pertimbangan yang harus dilakukan. Untuk mempersiapkan pertimbangan Anda maka Anda perlu mengerti dengan baik dulu mengenai asuransi jiwa dan beberapa tujuan manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti Asuransi jiwa dibawah ini.

Kenal Dulu Dengan Asuransi Jiwa

Sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai Asuransi jiwa ini, jadi yang dinamakan dengan Asuransi jiwa merupakan sebuah program perlindungan yang diberikan sebagai bentuk pengalihan resiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Pada Asuransi jiwa ini memang diberikan ketika kerabat atau keluarga telah dinyatakan meninggal atas suatu kondisi, baru Asuransi jiwa ini diberikan pada keluarga yang ditinggalkan, dibawah ini akan memudahkan Anda memahami Asuransi jiwa.

JIka Anda meninggal secara tiba-tiba atas suatu alasan, sebagai tulang punggung keluarga pastinya mengalami gejolak dari perubahan keuangan, baik dari tinggalan beban hutang ataupun lainnya. Untuk itu adanya Asuransi jiwa sesuai anggaran tujuan, dan kualitas hidup yang telah ditetapkan untuk penerima manfaat dan kebutuhan tanggungan Anda nantinya. Penjelasan lengkap mengenai Asuransi jiwa harusnya telah dibahas secara rinci di dalam laporan tertulis yang akan disebut dengan polis yang ada antara perusahaan penyedia jasa Asuransi jiwa dengan pemegang polis ini.

Manfaat Asuransi Jiwa Untuk Anda

Asuransi jiwa memang memberikan produk perlindungan yang tidak hanya bermanfaat bagi pemegang polis atau tertanggung saja, namun akan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini dikarenakan pada Asuransi jiwa ini baru bisa dirasakan begitu pemegang polis ini meninggal dunia atau begitu perlindungannya berakhir. Sehingga tidak salah jika sebagian orang menganggap Asuransi jiwa sebagai harta warisan dari pemegang polis untuk para keluarga. Namun dibawah ini beberapa manfaat yang diberikan Asuransi jiwa.

Jaminan Masa Depan Keuangan Keluarga

Jika seorang polis merupakan pencari nafkah atau tulang punggung keluarga maka resiko kerugian finansial harus dihadapi oleh keluarga mungkin jika tulang punggung ini meninggal. Bahkan dalam satu kondisi juga keluarga yang ditinggalkan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya karena terhimpit oleh masalah keuangan. Hal ini hanya dapat dihindari jika Anda memiliki jaminan Asuransi jiwa yang tulang punggung keluarga telah memiliki jaminan sebelumnya.

Pemberian jaminan ini akan diberikan jika Anda mengalami meninggal dunia atau catat total sehingga tidak bisa bekerja kembali, maka dengan begitu perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggung jawaban penuh sebagaimana yang telah tertuai dari perjanjian dalam polis sebelumnya. Untuk dana pertanggung jawaban yang diberikan oleh perusahaan layanan Asuransi jiwa ini dapat kemudian dimanfaatkan sebagai pemenuh kebutuhan hidup seperti keperluan sehari-hari, modal usaha, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Tabungan dan Dana Cadangan

Manfaat kedua yang akan didapatkan dari Asuransi jiwa adalah sebagai tabungan. Dana yang diberikan dari Asuransi jiwa ini tidak hanya cair pasca klaim kematian , namun juga bisa keluar begitu berada pada masa perlindungan terakhir ataupun ketika sehat. Sehingga memulai untuk mendaftar ke Asuransi jiwa  bukanlah hal yang merugikan, justru akan menjadi penambahan dana tabungan dalam bentuk dana darurat di masa depan.

Dalam Asuransi jiwa memang tidak semua memberikan jaminan Asuransi jiwa akan memberikan jaminan yang sama untuk itu perlu mengetahui dan memahami dengan baik premi yang diberikan sebelum benar-benar membentuk kontrak dalam Asuransi jiwa dengan perusahaan layanan. Selanjutnya, setelah membaca dengan lengkap beberapa pemaparan manfaat di atas, perlu Anda ketahui juga beberapa jenis Asuransi jiwa yang bisa Anda pilih nantinya.

Jenis- jenis Asuransi jiwa yang Bisa Anda Pilih

Akan ada beberapa jenis Asuransi jiwa yang dapat Anda pilih. Pastikan sebelum memilih Asuransi jiwa mengetahui dan memahami dengan baik jenis jenis ini supaya tidak tersesat atau salah mengambil. Dibawah ini beberapa jenis Asuransi jiwa yang bisa Anda pilih sebagai jaminan hari tua nanti.

Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis asuransi yang pertama dibahas adalah Asuransi jiwa Berjangka atau term life insurance, jenis ini adalah produk dari Asuransi jiwa yang memberikan santunan kematian apabila tertanggung meninggal dunia dalam periode yang telah dijanjikan. Periode ini dapat 1,5, 10, 15, ataupun 20 tahun sampai dengan batas usia tertentu. Ciri dari Asuransi jiwa berjangka adalah memberikan proteksi maksimum dengan premi yang jauh lebih rendah. Anda dapat membayar sejumlah uang pada perusahaan asuransi dan perusahaan akan melindungi Anda selama waktu tertentu dari resiko kematian.

Pembuatan Asuransi jiwa berjangka ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kebutuhan biaya asuransi yang besar, namun dengan kondisi keuangan terbatas. Asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki tuntutan KPR, KPM, ataupun kredit lainnya.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup ini akan memberikan manfaat pertanggungan seumur hidup Anda bahkan sampai pada usia 99 tahun. Asuransi jiwa seumur hidup akan dirancang untuk menyediakan proteksi seumur hidup kepada pihak tertanggung selama menjaga promil dengan tetap aktif membayar promisnya. Untuk polis jenis asuransi ini disebut juga dengan polis santunan pada umur lebih dari 99 tahun atau tidak membutuhkan uang pertanggungan yang besar.

Kelebihan dari Asuransi jiwa ini adalah cocok untuk Anda yang tengah tinggal sendiri dan tidak memiliki tanggungan atau uang pertanggungan yang besar. Kelebihannya lagi adalah memberikan manfaat tertanggung meninggal dunia kapanpun dan memiliki nilai tunai dengan diperoleh nasabah sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit.

Memang, dalam memilih Asuransi jiwa tidaklah mudah. Penting untuk banyak pertimbangan didalamnya. Namun untuk mengurangi kekhawatiran Anda mengenai Asuransi jiwa ini dapat menggunakan yang telah beroperasi bertahun-tahun dan memiliki ribuan pengguna, seperti asuransi jiwa Prudential. Jelas kualitasnya, jelas asuransi, jelas jaminan yang akan Anda dapatkan.

 

 

By krystov