Keuntungan perkembangan teknologi dalam dunia perekonomian memiliki dampak yang besar. Salah satunya adalah dibuatnya fintech sebagai pendukung perekonomian rakyat. Ketika segala aktivitas finansial dilakukan dengan cara online. Peer to peer landing sebagai bentuk dari fintech yang semakin menyebar. Pertanyaan mengenai apa itu fintech yang masih banyak dipertanyakan. 

Peran Peer to Peer Landing bagi Perekonomian Rakyat

  • Memberikan kesempatan pinjaman finansial

Ketika segalanya terlihat sempit untuk mendapat pinjaman finansial. Kebanyakan orang akan menyerak ketika telah menghubungi pihak bank namun mendapatkan penolakan. Seharusnya itu bukanlah akhir dari mencari celah usaha dan suntikan dana. Peer to peer lending seperti Amartha sebagai perusahaan fintech tentunya memberikan kesempatan bagi siapa pun. 

Kesempatan untuk mampu mendapatkan dana pinjaman sebagai kebutuhan tertentu. Kebanyakan beberapa orang yang meminjam dana akan membutuhkannya untuk membuat usaha baru. Sering kali para pelaku usaha merasa tertekan dengan sulitnya mencari suntikan dana. Ketika hal ini dirasakan sulit, Anda bisa mencoba untuk mencari perusahaan peer to peer landing terpercaya. 

  • Menghubungkan dengan peminjam yang tepat

Apa itu peer to peer lending? Bagi yang belum mencoba, perusahaan ini adalah tempat untuk menghubungkan antara peminjam dengan pemberi pinjaman dana. Ketika Anda menemukan fintech yang memberikan fasilitas ini, tentunya aka nada cara untuk Anda menemukan peminjam yang tepat. Keamanan bagi investor akan selalu dijaga dengan baik demi perjalanan finansial dan bisnis yang tepat. 

Keterhubungan antara investor dengan peminjam biasanya dilakukan melalui platform yang telah di sediakan. Proses yang diberikan pun tidak sesulit yang dibayangkan. Hal ini akan membutuhkan Anda untuk mematuhi persyaratan tertentu. Seperti peminjam yang harus siap menerima hasil dari pengajuan uang atau dana yang diterima atau tidak. Terutama untuk peminjam yang lebih aman. 

  • Investasi di bidang finansial

Terkadang berinvestasi menjadi hal sulit bagi yang tidak terbiasa. Tentunya berinvestasi tidak terbatas dengan saham saja yang menjadi bagian dari perekonomian rakyat. Banyak fintech yang menyediakan ragam investasi online dalam bidang keuangan dan finansial. Semua itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi siapa pun untuk mencoba dan merasakan yang Namanya berinvestasi. 

  • Kesempatan membuka lapangan usaha baru

Tidak banyak orang yang mendapatkan kesempatan juga keberuntungan yang sama di bidang ekonomi. Saat ini masih banyak halangan bagi beberapa pihak dalam meminjam dana. Kesulitan tersebut perlahan teratasi dengan adanya fintech sebagai bentuk pinjaman. Peer to peer landing sebagai cikal bakal kemudahan untuk membuka lapangan usaha yang baru. 

Cyber dan koneksi internet menjadi awal bagi perkembangan peer to peer lending. Orang Indonesia terutama yang masih awam dengan teknologi tidak begitu memahami akan hal ini. Termasuk untuk menggunakan kesempatan peminjaman dana dari perusahaan investasi UMKM seperti Amartha. Semakin banyak peluang yang terbuka bagi masyarakat luas dengan diciptakannya jenis fintech ini. 

Cara Kerja P2P Lending

Cara kerja P2P lending, sejatinya berbeda untuk setiap pihak yang terlibat. Yuk, simak masing-masing penjelasannya berikut ini.

  • Cara Kerja untuk Lender Pendanaan

  • Calon peminjam mengajukan pinjaman ke perusahaan P2P. Jenis pinjaman bisa bermacam-macam, tergantung produk yang dikeluarkan penyelenggara.
  • Penyelenggara P2P melakukan analisis kredit, dan menilai tingkat resiko peminjam. Peminjam wajib menyampaikan dokumen dan bersedia untuk dianalisis.
  • Penyelenggara P2P menyetujui pinjaman dan memberikan scoring credit. Di tahap ini dana belum dapat dicairkan ke peminjam.
  • Pinjaman yang disetujui akan dipublikasikan di marketplace platform P2P untuk pemberi pinjaman (lender) melakukan pendanaan. Dalam publikasi tercantum lengkap informasi soal bunga, skor kredit dan profil peminjam.
  • Pemberi dana memilih pinjaman dan menempatkan pinjaman sesuai jumlah yang diinginkan. Dalam satu pinjaman bisa terdiri atas berbagai lender.
  • Pemberi pinjaman melakukan tanda tangan perjanjian yang dilakukan secara online.
  • Setelah sampai pada periode yang sudah ditetapkan, waktu buat lender untuk menempatkan dana ditutup. Sehingga lender baru tidak bisa masuk.
  • Dana dari masing-masing lender akan dicairkan langsung ke peminjam, yang dikoordinasi oleh perusahaan P2P.
  • Saat pinjaman jatuh tempo, pembayaran dari borrower akan langsung ditransfer ke rekening lender.

  • Cara Kerja untuk Borrower Peminjam

  • Untuk mengajukan pinjaman, borrower melengkapi informasi yang dibutuhkan pada aplikasi pinjaman P2P.
  • Langkah selanjutnya, pengelola P2P menganalisis dan menyetujui aplikasi pinjaman borrower sebelum ditawarkan kepada pendana.
  • Setelah semua disetujui, borrower membayar pinjaman melalui marketplace sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Investasi Untung 15% Dari Amartha

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, telah berhasil menjangkau satu juta perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui akses permodalan, dengan mempertahankan kualitas pinjaman yang sangat baik yang dibuktikan dengan perolehan NPL stabil di bawah 0,5% sejak Juni 2020.

Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari pendana institusi dari sektor perbankan, hingga pendana individu yang telah menyalurkan pendanaannya lewat Amartha.

Atas pencapaian ini, Amartha meluncurkan kampanye CEO UMKM #100RibuSejutaPeluang, yakni kampanye yang berisi ajakan kepada millennial untuk mendukung pertumbuhan UMKM perempuan lewat pendanaan di Amartha. Untuk mengakselerasi keterlibatan millennial, Amartha menyediakan fitur crowdfunding, yakni fitur yang memungkinkan pendana memberi modal usaha mulai dari 100 ribu rupiah kepada mitra UMKM.

By krystov