Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang tidak mengenal musim, mau hujan, kemarau atau apapun tetap saja ada. Mulai dari pedesaan sampai dengan kota besar, pisang menjadi kegemaran banyak orang. Menariknya lagi buah tersebut memiliki berbagai jenis yang dari ukuran, warna, pohon, sampai dengan rasanya berbeda. Umumnya orang Indonesia mengenal beberapa diantaranya pisang kepok, pisang ambon, pisang raja, pisang sisir, pisang susu, pisang bandung dan masih banyak lagi. Selain dapat dikonsumsi langsung, ternyata pisang juga mantap jika dijadikan dalam berbagai olahan apalagi jenis pisang kepok.

Jenis Dan Ciri Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan bagian dari sekian banyak jenis pisang yang dikenal di Indonesia, tetapi pahamkah Anda jika pisang tersebut masih memiliki jenis. Ya, ada jenis pisang kepok kuning, pisang kepok putih dan pisang kepok merah. Masing-masing mempunyai perbedaan pada warna dagingnya, jadi Anda bisa memilih sendiri mana yang paling tepat untuk dijadikan olahan. Supaya tidak salah membeli, pahami pula ciri dari pisang kepok pada umumnya. Mulai dari ukuran yang sedang atau kecil, bentuk pipih, kulit kuning jika sudah matang, rasanya manis gurih serta aromanya khas.

Kandungan Pisang Kepok

Sebagai buah yang tidak pernah ada habisnya, pisang ternyata memiliki kandungan nutrisi banyak didalamnya. Harga murah, mudah didapatkan dan menyehatkan merupakan paket lengkap yang akan memberikan keuntungan bagi Anda. Didalam satu pisang kepok akan terdapat nutrisi mulai dari kandungan 11 miligram kalsium, 35 miligram fosfor, 1 miligram zat ebsi, 503 miligram potassium, vitamin A, 1 miligram niasin, serta 14 miligram vitamin C. Semua nutrisi diatas sangat diperlukan oleh tubuh untuk tetap bekerja sehat.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Dengan kandungan yang tersimpan pada pisang kepok, sudah jelas memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Anda akan mendapatkan keuntungan ketika mengkonsumsi buah pisang kepok seperti:

  1. Melancarkan pencernaan, hal itu karena kandungan serat yang tinggi pada pisang sehingga mencegah terjadinya sembelit.
  2. Baik itu kesehatan tulang karena sebagai salah satu sumber kalsium yang baik untuk kebutuhan tubuh.
  3. Dapat menangkal radikal bebas yang ada diluaran, ini karena kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi. Selain itu juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi percepatan proses penuaan dini.
  4. Meredakan mual dan muntah untuk para ibu hamil.
  5. Mencegah terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil karena adanya kandungan potasium.
  6. Dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil.

Inspirasi Olahan Pisang Kepok

Dengan berbagai kandungan dan manfaat baik pisang kepok untuk kesehatan, tidak ada salahnya Anda jadikan pisang tersebut sebagai salah satu menu andalan keluarga. Supaya tidak merasa bosan dengan pisang yang langsung dimakan, Anda bisa mencoba berbagai ide memasak dari pisang kepok seperti olahan carang gesing, nagasari, pisang goreng, puding, kue lumpur, roti pisang banjar, bolu pisang, sampai dengan pisang caramel. Semua menu camilan tersebut bisa Anda jadikan pilihan untuk mengkreasikan pisang kepok.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari pisang kepok untuk dijadikan berbagai olahan menu keluarga ataupun jenis pisang lainnya, bisa belanja saja di TaniHub. Kualitas pisang yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena langsung dari tangan pertama petani Indonesia. Nah, hanya dengan duduk manis dirumah Anda bisa langsung mendapatkan apa saja bahan yang diperlukan untuk memasak. Mulai dari sayur, buah, unggas, ikan, sampai dengan berbagai bumbu kebutuhan dapur lainnya.

By krystov