Sudahkah kamu mengunjungi Maluku? Apa yang terlintas di kepalamu jika menyebut nama Maluku? Faktanya, Maluku merupakan wilayah kepulauan yang sangat terkenal dengan produksi rempah-rempah terbesar di dunia, khususnya pala dan cengkeh. Wilayah ini pernah dijajah oleh bangsa eropa, sebagaimana wilayah lain di Indonesia, dengan tujuan utama adalah menguasai perdagangan rempah-rempah yang saat itu harganya sama dengan emas.  Untuk selalu mengingat kekayaan Nusantara tersebut, maka dibuatlah Spice Island Festival di Maluku yang akan diadakan pada bulan November 2022.

Penasaran dengan apa yang ada di festival tersebut dan destinasi wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi di sana? Berikut ini ulasannya

Spice Islands Festival 2022

Spice Island Festival merupakan perayaan festival seni dan edukasi tentang sejarah dan budaya, serta kekayaan alam berupa rempah-rempah yang menjadi daya tarik bangsa Eropa dahulu kala untuk melakukan kolonialisasi di Maluku, khususnya Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Tahun 2022 ini, event tersebut akan digelar di Kabupaten Maluku Tengah dengan konsep hybrid dan tema acara “Beta Janji Beta Jaga Rempah Maluku Untuk Selamanya”.

Waktu dan Rangkaian Acara

Spice Island Festival digelar pada tanggal 18-19 November. Konten acaranya adalah 3A (Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas). Atraksi tersebut meliputi Edukasi (Talkshow), Alam  (Tour Destinasi Wisata Pulau Banda Besar) dan Budaya (Bazaar Rempah-Rempah dan Olahan, Pesta Rakyat).

Ada 3  acara utama dalam penyelenggaraan festival  ini yaitu:

  • Pertunjukan seni musik : untuk memeriahkan suasana dan menyambut kegemaran masyarakat Maluku untuk bernyanyi maka pertunjukkan seni musik sudah pasti menjadi acara yang ditunggu tunggu.
  • Lomba Olahan/Kreasi Buah Pala: Buah pala adalah jenis buah yang mudah ditemui di Maluku. Maka untuk mengenalkan pada masyarakat luas tentang kenikmatan buah tersebut dengan aroma dan rasanya yang khas, maka diadakanlah lomba olahan / kreasi buah pala
  • Pameran Makanan Khas Maluku: Mengunjungi festival, paling seru memang menikmati wisata kulinernya. Oleh karena itu , pameran makanan khas Maluku akan menjadi pelengkap festival yang layak kamu coba.Kamu bisa mencari papeda yang terkenal dan gohu ikan yang sangat nikmat sebagai pelengkap kuliner saat menghadiri spice island festival.

Wisata Maluku Paling Hits

Tidak hanya mengunjungi festivalnya saja yang seru. Destinasi wisata yang dimiliki Maluku juga tidak kalah menarik.  Ingin tahu apa saja destinasi wisata yang hits disana? Kamu bisa cari tahu dari daftar di bawah ini.

  1. Pantai Lawena

Pantai Lawena juga tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang lain. Pantai ini biasa disebut sebagai surganya para peselancar. Tidak seperti pantai pada umumnya yang terasa terik atau panas, di pantai ini akan terasa sejuk dan rindang karena banyak pohon kelapa yang tumbuh di sekitar.

Selain pohon kelapa, Pantai Lawena dihiasi juga dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Udara di pantai tersebut juga dapat dikatakan sangat bersih. Walaupun tidak terlalu ramai, namun wisatawan asing maupun lokal juga berdatangan secara silih berganti.

  2. Pulau Nusa Pombo

Tempat wisata bahari yang satu ini memiliki keanekaragaman ekosistem dan hayati yang tinggi. Di Pulau Nusa Pombo berbagai aktivitas alam seperti tracking, memancing, menyelam, snorkeling, berenang, berjalan kaki mengelilingi pulau, dan mengamati burung dapat dilakukan.

Mata juga akan terpukau melihat banyaknya spesies hewan darat dan laut yang ada di pulau tersebut. Pastinya terdapat burung Pombo yang berterbangan. Spesies ini terbang hilir mudik dengan jumlah yang terbilang banyak.

  3. Pantai Natsepa

Pasir putih dan warna-warni bangunan membuat Pantai Natsepa tidak pernah sepi pengunjung. Apabila biasanya air kelapa menjadi pilihan untuk dinikmati saat ke pantai, beda halnya dengan disini. Di Pantai Natsepa, rujak menjadi makanan primadona saat bersantai di pantai.

Tak heran apabila terdapat banyak warung yang menjual rujak berjejer di pantai ini. Setiap warung pun dicat dengan warna yang berbeda-beda seperti ungu, hijau, dan kuning. Di depan warung juga terpasang papan nama masing-masing.

  4. Gunung Binaia

Dari ketinggian 0 meter hingga 3055 meter diatas permukaan air laut, membuat Gunung Binaia sebagai gunung tertinggi se-provinsi Maluku. Gunung Binaia merupakan rekomendasi tempat wisata yang tepat bagi yang hobi mendaki gunung.

Terdapat beberapa sungai di bagian kaki gunung dengan bentangan seluas 6-8 meter. Karena Gunung Binaia terletak di daerah pedalaman, sehingga hampir tidak ada fasilitas yang disediakan. Namun, tetap bisa menginap di beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk para pendaki.

  5. Teluk Ambon

Pesona yang dimiliki Teluk Ambon yang ada di Maluku Tengah ini seolah mampu menarik minat para wisatawan. Di teluk ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti sailing, diving, dan memancing. Untuk kalangan muda, terdapat juga beberapa spot foto untuk swafoto bersama teman-teman.

Sedangkan untuk orang dewasa, dapat menikmati keindahan Teluk Ambon sembari menikmati makan siang di restoran yang disediakan di samping tempat wisata tersebut. Destinasi ini juga cocok untuk Anda yang suka suasana alam.

  6. Pulau Osi

Pulau Osi dikelilingi oleh banyak laut dangkal dan indah dengan dihuni berbagai jenis ikan. Lautnya yang jernih seolah terasa sedang ada di dalam aquarium. Warna warni ikan di laut juga terlihat dengan mata telanjang akibat saking jernih airnya.

Terdapat jembatan yang memanjang ke laut di ujung pulau tersebut. Pengunjung bisa menikmati keindahan laut secara dekat dari jembatan ini. Penghuni pulau tersebut rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Sehingga, aktivitas nelayan menangkap ikan juga banyak ditemui di Pulau Osi.

Setelah puas menjelajah Maluku, kamu juga masih bisa mengunjungi wilayah Indonesia lainnya yang tidak kalah indahnya. Terlebih saat musim festival tiba. Agar tidak ketinggalan, kamu bisa cari tahu jadwalnya di website Karisma Event Nusantara dan segera menentukan rencana liburanmu bersama  keluarga bersama  festival menarik lainnya.

By krystov