Apakah bisa orang awam melakukan cuci AC sendiri di rumah secara mandiri tanpa tukang service? Tentu saja bisa, namun Anda perlu tahu tips dan triknya terlebih dahulu. Adapun cuci AC menjaga kualitas udara dari AC itu sendiri jauh lebih baik dan juga membuat umur dari produk elektronik ini jadi lebih panjang.

Mencuci AC adalah salah satu kegiatan perawatan AC yang bisa dilakukan secara berkala, agar tidak menjadi sarang komandan debu yang bisa berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan rumah tangga.

Tips Cuci AC

Berikut ini beberapa tips mencuci ASI yang bisa dilakukan di rumah.

1. Buka Penutup AC

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka penutup AC terlebih dahulu dengan menggunakan obeng. Setelah penutup AC terbuka, maka bisa langsung ke filter AC lalu cek apakah terjadi kerusakan atau sebuah hal yang mencurigakan di bagian filter.

Misalnya ketika filter AC mengalami sobek maka bisa langsung dibuang dan diganti dengan filter baru.

2. Bersihkan Filter

Filter AC yang kotor, tentu saja harus dibersihkan. Adapun kegiatan ini bisa anda lakukan ketika tidak ada hal mencurigakan atau kerusakan pada filter. Anda bisa membersihkan filter ini dari debu dengan menggunakan alat sederhana, seperti sikat gigi bekas atau jika ada bisa pakai kuas.

Bisa juga mengandalkan lap yang dibasahi sedikit terlebih dahulu atau jika punya peralatan modern maka bisa pakai alat penyedot debu.

3. Cuci Filter AC

Bagian filter AC juga bisa dilepas untuk kemudian dicuci dengan cara merendam. Namun ketika merendam AC, sebaiknya pakai larutan pencuci khusus untuk membunuh jamur dan spora yang bisa membawa kuman dan bersarang di filter.

Filter AC yang memiliki banyak sekali jamur atau kuman, tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan keluarga ketika AC dihidupkan dan menyebarkan udara di rumah.

Anda bisa menggosok filter dengan sikat gigi bekas yang sudah disebutkan tadi dari kotoran yang membandel, namun jangan menggosok terlalu keras. Karena ketika digosok terlalu keras filter AC bisa beresiko rusak.

4. Keringkan Filter AC

Setelah filter AC dicuci maka sekarang waktunya adalah mengeringkan filter. Untuk cara mengeringkannya adalah dengan diangin-anginkan saja sebentar. Namun ketika mengeringkan komponen ini sebaiknya pilih tempat yang bersih agar tidak ada kotoran yang menempel lagi pada filter.

Sebaiknya selain membersihkan bagian filter, Anda juga bisa perhatikan komponen lain pada AC dan juga bersihkan dengan kain lap kering apalagi jika terdapat banyak debu di sekitarnya.

5. Pasang Kembali Filter

Pasang kembali filter AC setelah dibersihkan namun saat pemasangan pastikan sudah bersih dan kering. Alasannya tentu saja untuk mencegah jamur berkembang biak pada filter. Setelah itu Anda bisa nyalakan lagi AC dan rasakan apakah udara sudah dingin dan segar kembali atau belum.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin cuci AC. Namun jika Anda merasa cara di atas cukup merepotkan maka tinggal panggil saja jasa service AC. Adapun jasa ini tentu saja sangat profesional dalam menangani perawatan AC dan juga perbaikan masalah yang ada pada produk pendingin ruangan di rumah anda.

Untuk menggunakan jasa tukang servis AC, maka wajib memilih dari Sejasa.com. Platform ini membantu Anda untuk menemukan jasa service terbaik dengan harga terstandarisasi dan penyedia jasa terverifikasi serta sudah bisa mendapatkan garansi selama 30 hari. Biaya pencucian AC-nya juga sangat terjangkau mulai dari 75 ribuan saja.

By krystov