Banjir menjadi masalah utama saat musim hujan, tak heran banyak orang menjadikan beton instan sebagai salah satu material pembuatan rumah. Apalagi, banjir bisa dirasakan masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Baik itu rumah sederhana maupun rumah mewah bisa terkena banjir jika terletak di kawasan rawan banjir.

Tips Efektif agar Rumah Aman dari Banjir

Walaupun hunian ada di kawasan rawan banjir, Anda bisa menerapkan tips membuat hunian aman dari banjir. Otomatis, menjadikan hunian yang nyaman untuk keluarga walaupun musim hujan. Berikut ada tips yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Meninggikan Bangunan di atas Level Banjir

Sebelum membangun rumah di kawasan banjir, Anda bisa mensurvey berapa tinggi banjir di kawasan tersebut. Tujuannya untuk memudahkan Anda membangun pondasi di atas level banjir, Anda bisa menanyakannya pada masyarakat sekitar maupun mencari informasi dari lembaga perkembangan cuaca pemerintah setempat.

  • Menggunakan Material Tahan Banjir

Tips selanjutnya menjadi pilihan banyak orang karena menjamin hunian aman dari banjir. Rumah yang dibangun menggunakan material tahan banjir mampu bersentuhan dengan air banjir selama 71 jam tanpa kerusakan.

Banyak material yang bisa digunakan agar musim penghujan tak memicu kerusakan rumah Anda, material tersebut meliputi beton, sel tertutup dan insulasi busa, perangkat keras baja, bata berlapis kaca lem tahan air, cat epoksi poliester dan lainnya.

  • Membangun Penghalang Khusus Penghambat Banjir

Tips ini bisa diterapkan di hunian yang sering tergenang banjir karena pondasinya rendah. Anda bisa membangun penghalang khusus penghambat banjir yang terbuat dari beton atau pasangan bata, atau menggunakan tanggul yang dibuat dari lapisan tanah yang telah dipadatkan.

Tips tersebut mampu melindungi perabotan dan material rumah Anda tetap awet. Pastinya membuat keluarga tetap nyaman di dalam rumah walaupun di luar rumah banjir.

  • Halaman dengan Rumput

Selain menggunakan bahan bangunan yang bisa menghambat banjir masuk rumah, Anda bisa membuat halaman dengan tanaman rumput. Dengan begitu air hujan bisa terserap ke dalam tanah dan mencegah rumah kebanjiran.

Perlu diperhatikan juga agar membangun halaman dengan kondisi tanah miring, pastikan arahnya ke luar rumah. Cara tersebut membuat air hujan yang berlebihan bisa dialirkan keluar rumah. Buatlah halaman menggunakan tanah yang berat yang dicampur dengan tanah liat dan pasir.

Banyak tips yang bisa dilakukan agar hunian terhindar dari banjir, untuk menjamin kekuatan material tahan banjir bisa menggunakan SCG Smartblock. Material tersebut bisa digunakan untuk dinding interior, eksterior dan cocok untuk penambahan material tahan banjir karena terbukti kuat dan mampu menahan beban.

Hebatnya lagi, SCG Smartblock membuat rumah Anda kokoh dan sejuk. Alhasil, halaman rumah Anda tetap sejuk walaupun terdapat penghambat banjir. Untuk tebalnya kisaran 7.5 dengan berat 5.85, sementara dimensinya 20x60x7,5 cm. Untuk satuannya PxLxT.

Anda tak perlu meragukan kualitas bata ringan SCG Smartblock karena bisa mengurangi perpindahan panas mencapai 10 kali lebih baik dari beton biasa. Alhasil, sangat kuat menahan air hujan agar tak memasuki rumah Anda. Selain itu, bisa meredam suara dari luar. Hal tersebut menjadi perlindungan ganda untuk penghuni rumah, selain mencegah banjir juga menjaga kenyamanan keluarga selama di dalam rumah.

Untuk menikmati keunggulan SCG Smartblock, Anda bisa membelinya tanpa menunggu lama. Jika masih ragu, bisa mengunjungi situs resminya di https://scgcbm.id/ agar mendapatkan informasi lebih lengkap dan mengetahui berbagai material bangunan lainnya.

Sumber:

https://properti.kompas.com/read/2020/12/08/203000321/7-cara-bangun-rumah-aman-dari-banjir?page=4

https://voireproject.com/artikel/post/punya-rumah-di-lokasi-rawan-banjir-simak-tips-dan-inpirasi-desain-rumah-anti-banjir

https://www-popmama-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.popmama.com/amp/life/home-and-living/rindi-1/tips-bangun-rumah-agar-aman-dari-banjir?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16676397053076&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.popmama.com%2Flife%2Fhome-and-living%2Frindi-1%2Ftips-bangun-rumah-agar-aman-dari-banjir

By krystov